Kamis, 25 Juli 2013

Sumur Dengan 3.500 Anak Tangga

Wah kebayang enggak teman-teman, kalau kamu mau ambil air di sumur tapi harus melewati 3.500 anak tangga terlebih dahulu? Pasti capek banget ya…. hihihi
Deepest-Step-Well-15
Di Desa Abhaneri, Rajasthan Timur, India, ada sumur yang bernama Chand Baori. Sumur ini merupakan sumur tertua dan terbesar, lo, di dunia.
Sumur ini sangat unik, karena memiliki 3.500 anak tangga. Untuk sampai ke mata air, kita harus melewati ribuan anak tangga tersebut.
Tidak seperti kebanyakan sumur lainnya, Chand Baori berbentuk segiempat dengan kedalaman 100 meter.
Chand Baori dibuat atas perintah Raja Chand pada masa Dinasti Nikumbha sekitar abad ke-9.  Dulu sumur ini digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di sana selama berabad-abad lamanya.
Deepest-Step-Well-5
Tetapi dengan seiring berkembangnya zaman, masyarakat sudah mulai mengenal sistem pengairan, sehingga sumur ini sudah tidak digunakan lagi. Akibatnya, air di sumur tidak lagi jernih.
Walaupun sumur ini sudah tua, tetapi anak tangga di sini masih tertata rapi dan hampir tidak ada yang rusak, lo, teman-teman.
O iya, jika musim panas, biasanya Chand Baori digunakan sebagai tempat pertemuan bagi penduduk setempat, karena udaranya 5-6 derajat lebih dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar